Lokasi Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung

Lokasi Wisata Gunung Tangkuban Perahu.

Bandung merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki tempat rekreasi yang cukup banyak, salah satunya yang paling banyak dikenal oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara adalah lokasi wisata Gunung Tangkuban Perahu. Tempat wisata ini menjadi daya tarik bagi banyak orang untuk berkunjung kesana, mungkin karena sering mendengar tentang cerita mengenai dongeng legendanya yang begitu terkenal di Indonesia. Letak atau alamat tempat wisata ini tepatnya di Cikahuripan, Lembang , Kabupaten Bandung - Jawa Barat.

Gunung Tangkuban perahu Lembang
Kawah Tangkuban Perahu

Tidak hanya karena mendengar legendanya saja yang begitu terkenal, banyak wisatawan yang sengaja berkunjung ke Tangkuban Perahu karena tempat wisata ini memang memiliki kawah yang indah, daerahnya yang masih asri,udara yang sangat dingin dan sejuk. Suhu udara di gunung tangkuban  ini jika disiang hari bisa mencapai 16 °C dan jika malam hari bisa sampai 2 °C.
Sebelum membahas mengenai kawah yang ada di tempat wisata ini ada baiknya jika melihat dulu peta lokasi keberadaan gunung Tangkuban perahu bandung.


Wisata tangkuban perahu ini memiliki beberapa kawah yang menjadi daya tarik para pengunjung diantaranya :
- Kawah Ratu yang merupakan kawah terbesar dan dikawah ini kita bisa langsung memarkirkan kendaraan didekat lokasi wisata, jadi kita tidak perlu berjalan jauh untuk menikmati keindahan kawah ratu. Di pinggir sepanjang area kawah ratu ini juga banyak terdapat warung tempat berjualan makanan dan minuman, jadi kita bisa melihat keindahan kawah ratu sambil bersantai di warung. Di kawah Ratu ini kita hanya bisa menyaksikan keindahan kawahnya dari atas kejauhan tidak seperti di wisata kawah putih Ciwidey yang bisa dekat langsung dengan kawahnya. Ada satu mitos yang perlu kita coba jika berkunjung ke kawah ratu Tangkuban perahu, konon menurut mitos yang beredar dimasyarakat bahwa jika kita bisa melempar batu sampai jatuh tepat ditengah kawah maka keinginan kita akan terkabul, silahkan dicoba saja memang kenyataannya sampai sekarang belum ada yang bisa, kenapa bisa begitu admin juga tidak tau .
- Kawah Upas yang letaknya tidak terlalu jauh dari kawah ratu, kita tinggal berjalan kesebelah kanan dan sedikit keatas hanya sangat disayangkan saat ini jalan akses menuju ke kawah Upas ini sudah ditutup oleh pengelola wisata tangkuban perahu karena akses jalannya dinilai cukup berbahaya bagi para pengunjung.
- Kawah Cikahuripan , untuk menuju kawah ini kita harus berjalan beberapa ratus meter dari kawah ratu. Konon menurut masyarakat kawah Cikahuripan ini memiliki mata air yang sangat berkhasiat dan bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit dan bisa membuat awet muda.

Goa keramat gunung Tangkuban perahu
Goa Keramat

Selain itu terdapat juga sebuah goa yang sangat dikeramatkan namanya goa keramat. Untuk melihat goa keramat ini para pengunjung dituntut harus berlaku sopan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.Biasanyaengunjungituk suatu niat atau kepercayaan tertentu dengan cara melakukan ritual.
- Kawah Domas , letak lokasi kawah Domas ini ada sebelum anda mencapai kawah ratu. Dikawah Domas ini para pengunjung bisa melihat air belerang yang masih panas dari jarak sangat dekat, anda juga bisa merebus telur dengan air belerang tersebut.

Kawah Domas gunung Tangkuban perahu
Kawah Domas

Tapi satu hal yang sangat disayangkan banyak pengunjung yang enggan kesana karena harus berjalan kaki dulu dari pintu gerbang masuk kawah Domas sejauh kurang lebih 1 km. Terlebih lagi adanya aturan bahwa untuk mengunjungi kawah Domas ini kita harus menggunakan tour guide di sana dengan biaya 100 ribu padahal rute jalan kesana juga sudah bagus dan tidak sulit. Admin tidak menyuruh para pembaca untuk jangan mengunjungi kawah Domas tapi untuk yang mau silahkan saja, tapi untuk jika keberatan menggunakan tour guide khan masih ada kawah lainnya yang bisa kita nikmati. Diatas tersebut adalah beberapa kawah yang ada di lokasi wisata gunung tangkuban perahu Bandung.

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Tangkuban Perahu.

Untuk  yang ingin melakukan wisata ke tangkuban perahu maka perlu diketahui bahwa harga tiket masuk lokasi wisata gunung tangkuban perahu ini berbeda disaat hari biasa dan hari libur. Walaupun berbeda harga tiket masuk tersebut tergolong masih sangat terjangkau, berikut harga tiket masuk Tangkuban perahu :
- Hari Biasa (Senin-Jumat)  : Rp 20.000/orang
- Hari Libur (sabtu-minggu) : Rp 30.000/orang
Itu diatas hanya biaya tiket masuk saja, masih ada biaya parkir kendaraan yang dibedakan juga saat hari biasa dan libur, berikut tarif parkir di lokasi wisata yang terletak di lembang Bandung ini :
- Hari biasa (senin-jumat) untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya Rp 25.000 dan kendaraan roda dua Rp 12.000 sedangkan untuk bus Rp 110.000,-
- Hari Libur (sabtu-minggu) untuk parkir kendaraan roda empat Rp 35.000 kendaraan roda dua Rp 17.000 sedangkan bus menjadi Rp 150.000,-
Harga tiket masuk perorang diatas tersebut adalah untuk wisatawan lokal, untuk harga tiket masuk ke gunung Tangkuban perahu khusus untuk wisatawan dari luar negeri akan dikenakan tarif sebesar Rp 200.000/orang. Harga diatas adalah harga yang admin update per bulan mei 2017, mungkin sewaktu-waktu bisa berubah.

Rute Jalan ke Gunung Tangkuban Perahu.

Lokasi tempat wisata gunung Tangkuban perahu ini berada di perbatasan antara Bandung dan Subang maka ada beberapa rute jalan yang bisa kita gunakan untuk menuju kesana, tapi admin hanya akan merekomendasikan rute termudah saja yaitu :
- Dari Bandung atau Jakarta.
Jika kita dari Bandung atau Jakarta ingin ke wisata gunung Tangkuban perahu, kita bisa keluar di gerbang tol terdekat yaitu Pasteur berikut rutenya Tol Pasteur - jl.Sukajadi - jl.setiabudi - jl.raya Lembang ( setelah ketemu wisata farm house susu Lembang ) masih lurus lagi - jl.Tangkuban Perahu - Gerbang masuk Tangkuban Perahu.
Baca Juga : Wisata Farm House Susu Lembang
- Dari Tol Sadang
Jika sudah keluar di tol Sadang kita bisa menuju ke jalur Purwakarta lalu diteruskan ke Jl.Cagak Subang - Ciater - Tangkuban Perahu.
- Dari Tol Baros 
Jika dari keluar tol Baros kita bisa menggunakan rute yaitu Tol Baros - jl.raya Baros - Dustira - Sriwijaya Raya - Kota Cimahi - Citereup - jl.kolonel Masruri - Lembang - Tangkuban Perahu.
Itulah beberapa rute jalan yang paling sering orang gunakan untuk ke Tangkuban perahu, silahkan saja pilih rute mana yang menurut para pembaca paling mudah, atau jika ragu dan takut kesasar kita bisa sambil pantau menggunakan google maps untuk menemani perjalanan kita.
Setelah sampai di gerbang masuk Tangkuban perahu, untuk sampai ke lokasi wisata gunung Tangkuban perahu kita masih harus menempuh perjalanan kurang lebih sejauh 3 km.

Fasilitas di lokasi wisata Tangkuban Perahu.

Karena tempat wisata Tangkuban perahu ini beroperasional sudah sangat lama tentunya fasilitas yang disediakan untuk para pengunjung tentu sudah sangat lengkap. Beberapa fasilitas yang ada di wisata diantaranya seperti :
- Toilet , toilet yang disediakan sudah sangat memadai karena sudah cukup banyak dan sudah cukup layak untuk digunakan.
- Area Parkir Kendaraan , untuk parkir kendaraan sudah cukup luas dan sudah ada juru parkir yang membantu para pengunjung, area parkir juga sudah dekat sekali dengan kawah Tangkuban perahu.
- Tempat Berjualan Makanan dan minuman, untuk tempat berjualan makanan dan minuman sudah sangat banyak sekali yang bisa anda jumpai dekat area parkir dan juga di sepanjang pinggir kawah. Tempat jualan ini juga bisa dijadikan sebagai tempat istirahat sambil ngopi bagi para pengunjung tempat wisata
- Tempat Ibadah , sudah tersedia juga beberapa tempat untuk ibadah bagi pengunjung.
- Pedagang Souvenir , di sepanjang lokasi wisata gunung Tangkuban perahu ini banyak sekali pedagang Souvenir seperti gelang, gantungan kunci, topi, kupluk dan Souvenir lainnya. Tapi sangat disayangkan para pedagang tersebut menawarkan dagangannya cenderung seperti terlihat agak memaksa pengunjung untuk membelinya, tapi gak perlu kuatir kita bisa tegas untuk menolaknya jika tidak berniat untuk membeli.
- Penginapan , untuk penginapan sampai saat ini di gunung Tangkuban perahu ini belum ada, akan tetapi kita tidak perlu kuatir karena masih banyak penginapan atau hotel disekitar lembang yang dekat dengan tangkuban perahu seperti penginapan ditengah hutan Pinus yaitu Grafika Cikole.
Baca Juga : Grafika Cikole Lembang.

Tips untuk ke lokasi wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung.

Jika para pembaca ingin mengunjungi lokasi wisata ini ada beberapa tips yang akan kami bagikan diantaranya :
- Bawalah Jaket atau baju hangat lainnya.
Karena suhu udara di lokasi wisata gunung Tangkuban perahu sangat dingin maka sebaiknya jita membawa jaket, atau perlengkapan lainnya yang bisa menghangatkan tubuh.
- Bawa Masker 
Di daerah kawah tempat wisata bau belerangnya sangat menyengat karena gunung ini termasuk kategori gunung berapi yang masih aktif sehingga kits perlu membawa masker. Walaupun tergolong masih aktif tapi masih aman kok untuk berwisata, kita tidak perlu risau.
- Periksa Kondisi Kendaraan sebelum berangkat.
Kondisi kendaraan kita perlu diperiksa sebelum berangkat karena medan jalan menuju gunung Tangkuban perahu banyak yang menanjak dan periksa juga bahan bakar anda, karena letak pom pengisian bahan bakar agak jauh dari lokasi wisata.
- Gunakan Sunblock jika perlu .
Jika disiang hari walaupun suhu udara dingin dan sejuk tetap saja sinar matahari di puncak gunung Tangkuban perahu ini sangat menyengat kulit, sehingga bisa membuat kulit kita menjadi gosong jika tidak terbiasa. Solusi lainnya mungkin anda bisa menggunakan payung untuk menghindari teriknya matahari.
- Sebaiknya gunakan Sepatu.
Perjalanan menelusuri kawah itu cukup panjang dan kontur jalannya juga berbatu, mungkin bisa lebih nyaman kits sebaiknya menggunakan sepatu. 
Sekian informasi yang bisa kami bagikan mengenai lokasi wisata gunung Tangkuban perahu Bandung,semoga bisa bermanfaat dan selamat berlibur.









Share this :

First
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔