Lokasi Wisata Situ Patenggang Ciwidey Bandung

Lokasi Wisata Situ Patenggang Ciwidey Bandung.

Salah satu tempat wisata di daerah Bandung yang sering dikunjungi oleh wisatawan baik itu wisatawan lokal maupun manca negara adalah Situ Patenggang atau danau Patenggang yang terletak di kabupaten Bandung tepatnya di daerah Ciwidey. Memang jika kita lihat disekitaran daerah Ciwidey tempat wisata yang paling banyak dikenal orang adalah dua yaitu kawah putih dan situ Patenggang.
Dan pada kesempatan kali ini kita akan sedikit mereview mengenai lokasi wisata situ Patenggang Ciwidey Bandung.
Baca Juga : lokasi wisata kawah putih Ciwidey bandung
Situ Patenggang Bandung
Situ Patenggang Ciwidey

Situ Patenggang ini merupakan sebuah danau yang sangat memikat, dan juga kondisi udara di lokasi wisata tersebut sangat sejuk. Situ atau danau ini memiliki pemandangan yang sangat indah karena dikelilingi oleh perkebunan teh dan juga disebagian pinggir danau ditumbuhi pohon cemara sehingga kesan alami sangat terasa di lokasi wisata ini. Luas dari area lokasi Patenggang  d ini adalah 45.000 hektar dan berada pada ketinggian 1600 meter diatas permukaan laut, betul-betul sangat luas sekali ya. Jika wisata ke daerah Bandung jangan lupa untuk mengunjungi lokasi wisata favorit yang satu ini karena dijamin mata kita pasti akan menjadi segar setelah melihat kondisi situ Patenggang yang begitu mempesona dan juga alami. Lokasi wisata situ Patenggang ini juga memiliki history sejarah yang sangat romantis, mengapa bisa kami bilang romantis ? Mari kita simak sejarah dari situ Patenggang Ciwidey Bandung .

Sejarah Lokasi Wisata Situ Patenggang Ciwidey.

Sebelum kita mengetahui sejarah baiknya alangkah baiknya kita bahas terlebih dahulu asal usul dari nama situ Patenggang. Kata "patenggang" ini berasal dari kata Sunda "pateang-teang" yang artinya " saling mencari " jadi sejarahnya begini. Konon jaman dahulu kala ada sepasang kekasih yang bernama Ki Santang dan Dewi Rengganis, Ki Santang ini merupakan keponakan dari Prabu Siliwangi ( raja Pajajaran ) sedangkan Dewi Rengganis hanyalah seorang wanita desa yang cantik jelita. Singkat kata pasangan kekasih saling jatuh cinta dan akhirnya harus terpisahkan antara jarak dan waktu yang diakibatkan karena jaman peperangan pada saat itu. Setelah sekian lama pasangan tersebut saling mencari satu sama lain dan akhirnya pada suatu hari mereka dipertemukan di suatu tempat yang terdapat bongkahan batu besar. Setelah bertemu Dewi Rengganis pun meminta kepada Ki Santang untuk dibuatkan sebuah danau yang ditengahnya terdapat sebuah pulau, karena rasa cintanya yang begitu mendalam Ki Santang pun mengabulkan permintaan kekasihnya tersebut. Nah danau yang dibuat inilah yang sampai sekarang dinamakan Situ Patenggang , dan batu yang menjadi saksi dari pertemuan mereka adalah batu cinta yang sampai saat ini masih ada di lokasi wisata situ Patenggang Ciwidey. Seperti itulah sejarah dari situ Patenggang, sangat romantis khan kisahnya.

Tiket Masuk ke Situ Patenggang Ciwidey Bandung.

Lokasi wisata situ Patenggang ini mulai buka dari pukul 08.00 - 17.00 setiap hari. Sedangkan untuk tiket masuk kita akan dikenakan Rp 18.000/orang . Untuk tarif parkir juga cukup murah kok yaitu mobil Rp 12.000 motor Rp 4.000 sedangkan bus Rp 25.000. oh iya jika kita membawa wisatawan asing harga tiket masuknya berbeda yaitu Rp 135.000/orang.

Alamat Situ Patenggang Ciwidey Bandung.

Lokasi wisata situ Patenggang ini letaknya kurang lebih 6 km sebelum tempat wisata Kampung Cai Ranca Upas yang pernah kami review sebelumnya.
Baca Juga : Lokasi Wisata Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey
Alamat dari situ Patenggang ini ada di Patengan, Ranca Bali, Ciwidey- Kabupaten Bandung.

Rute Jalan ke Situ Patenggang Ciwidey Bandung.

Jika kita ingin ke lokasi wisata Situ Patenggang, rute jalannya sangat mudah. Kita bisa mulai dari keluar di gerbang tol Kopo lalu mengarahkan kendaraan kita menuju ke arah Soreang lalu Ciwidey. Setelah sampai terlihat pintu gerbang wisata kawah putih kita tinggal lurus lagi saja sejauh 7 km akan sampai di lokasi wisata Situ Patenggang Ciwidey . Jika dari kawah putih lamanya perjalanan paling hanya memakan waktu 10 menit saja. Jika menggunakan angkutan kota kita bisa mulai naik dari terminal Leuwipanjang jurusan Ciwidey dan langsung sampai di lokasi wisata Situ Patenggang, sangat mudah khan para pembaca, kalau masih bingung juga ya silahkan saja lihat dulu peta lokasi situ patenggang ini di google maps yang kami sediakan.


Fasilitas di Situ Patenggang Ciwidey.

Dulunya lokasi wisata situ Patenggang ini adalah perkebunan teh milik perhutani, karena melihat keindahan alam dan potensi wisatanya maka pemerintah daerah setempat pun mulai mengembangkan lokasi situ Patenggang ini menjadi tempat wisata alam. Sebagai tempat wisata tentunya harus memiliki berbagai fasilitas penunjang demi kenyamanan para pengunjung. Berikut beberapa fasilitas yang ada di Situ Patenggang Ciwidey Bandung.
- Perkebunan Teh.
Dari dulu area perkebunan teh ini selalu tetap ada namanya perkebunan teh ciwalini. Selain menikmati keindahan situ Patenggang, para pengunjung kerap kali melakukan kegiatan berfoto di kebun teh tersebut.
- Perahu dan Sepeda Air.
Tepat ditengah danau situ Patenggang ini terdapat sebuah pulau yang dinamakan pulau asmara atau pulau dadakan, untuk berkunjung ke pulau tersebut kita bisa menyeberang dengan menyewa perahu atau menggunakan sepeda air. Perahu atau sepeda air tersebut bisa juga kita sewa untuk berkeliling danau Patenggang.
- Batu Cinta.
Batu Cinta ini konon merupakan saksi dari pertemuan antara Ki Santang dan Dewi Rengganis. Menurut mitos yang beredar di masyarakat bahwa jika ada pasangan yang berjalan bersama mengelilingi batu ini maka hubungan asmara mereka akan langgeng dan cinta mereka akan abadi, oleh sebab karena mitos tersebutlah sering terlihat pasangan yang berpacaran dilokasi wisata ini.

Batu cinta situ patenggang
Batu Cinta

Biasanya mereka mengunjungi situ Patenggang ini dengan harapan ingin mengabadikan cinta mereka terhadap pasangannya. Makanya jika ingin hubungan dengan kekasih langgeng tidak ada salahnya kita coba saja ke lokasi wisata situ Patenggang dan kelilingi yang namanya batu cinta tersebut.
- Toilet atau WC Umum 
Toilet dan wc umum ini juga sudah tersedia dan sangat bersih di tempat wisata situ Patenggang.
- Tempat Ibadah.
Pihak pengelola wisata situ Patenggang juga sudah menyediakan mushola bagi kaum muslim yang akan melakukan kegiatan ibadah.
- Lokasi Parkir 
Lokasi tempat parkir kendaraan di situ patenggang ini sudah sangat luas jadi kita tidak perlu kuatir masalah parkir, juru parkirnya pun sudah ada.
- Tempat istirahat atau Gazebo.
Di lokasi wisata situ Patenggang juga terdapat gazebo yang digunakan untuk pengunjung untuk beristirahat.
- Tempat Kuliner 
Tempat makan atau tempat berjualan makanan di situ Patenggang juga sudah banyak sekali , jadi kita tidak perlu kuatir jika lapar.
- Tempat Jualan Souvenir
Di Situ Patenggang juga banyak sekali tempat jualan Souvenir yang bisa kita beli untuk di bawa pulang ke lokasi tempat tinggal masing-masing.
Diatas adalah beberapa fasilitas yang ada di Situ Patenggang Ciwidey Bandung. Sekian informasi yang bisa kami bagikan mengenai lokasi wisata situ patenggang ciwidey bandung. Selamat berlibur..

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔

Custom Search